Pengertian Jaringan Komputer Lengkap dan Singkat

Bicara tentang jaringan komputer siapa sih yang gak tau ? pasti sudah pada tahu kan ? nah pada artikel ini saya akan mengulas artikel tentang apa itu jaringan komputer mulai dari pengertian jaringan komputer beserta manfaatnya, jenis media transmisi, jenis jaringan, dan cjenis topologi, serta jenis jaringan komputer berdasarkan fungsinya. Bagi anda yang belum tahu banyak tentang jaringan komputer mari kita simak artikelnya.

Pengertian Jaringan Komputer Lengkap dan Singkat

Jaringan Komputer merupakan sekumpulan dua atau lebih komputer serta perangkat - perangkat lain sebagai pendukung terhubungnya antara komputer satu dengan yang lainnya dalam kesatuan yang bertujuan untuk bertukar data (sharing data) dan berbagi resource yang dimiliki seperti file, printer, atau media penyimpanan.

Manfaat Jaringan Komputer
  1. Untuk berbagi sumber daya / pertukaran data.
  2. Untuk mempermudah berkomunikasi / bertransaksi.
  3. Untuk membantu mencari / mengakses informasi secara cepat dan up-to-date.
  4. Mempermudah memanajemen komputer.
  5. Mempermudah penyimpanan data dan keamanan data.

Jenis Media Transmisi Jaringan Komputer
  • Media Transmisi Kabel / Berkabel, Jaringan komputer yang menggunakan kabel untuk menghubungkan antar komputer dalam jaringan serta untuk media pertukaran data antar komputer.
  • Media Transmisi Tanpa Kabel / Nirkabel (Wirelles), Merupakan salah satu media transmisi yang menggunakan gelombang radio sebagai media transmisinya. Media ini mentransmisikan gelombang electromagnetic tanpa menggunakan konduktor fisik seperti kabel atau serat optik. 

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Wilayah
  • LAN (Local Area Network), Jaringan ini memiliki cakupan wilayah cukup kecil dan biasa digunakan di perkantoran, kampus, sekolah, warnet dan area yang tak terlalu besar.
  • MAN (Metropolitan Area Network), Jaringan ini lebih besar dari LAN jangkauan wilayahnya sekitar 60 KM atau antar kota. Jaringan ini biasa digunakan untuk keperluan sekolah atau perusahaan yang jaraknya cukup jauh.
  • WAN (Wide Area Network), Jaringan ini jangkauan luasnya sampai antar negara bahkan benua.
  • Internet (Interconected Network), Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi / jaringan yang menguhubungkan antar pengguna di seluruh dunia.

Jenis Topologi Jaringan Komputer
  • Topologi BUS.
  • Topologi RING.
  • Topologi TREE.
  • Topologi MESH.
  • Topologi LINIER.

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsi
  1. Client Server, merupakan jaringan komputer yang didalamnya terdapat server yang berfungsi untuk memberi layanan dan fasilitas kepada client, otoritas tertinggi dalam jaringan ini adalah server.
  2. Peer To Peer, merupakan jaringan komputer dimana setiap komputer bisa menjadi server dan client yang dapat saling berhubungan dengan komputer lain, jaringan ini tidak mempunyai otoritas tertinggi kedudukannya semua sama.

0 Response to "Pengertian Jaringan Komputer Lengkap dan Singkat"

Posting Komentar

Sebelum berkomentar alangkah baiknya membaca aturan berkomentar di blog ini, berikut aturannya :
- Berkomentarlah dengan baik dan bijak
- Gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti dengan baik
- Berkomentarlah dengan Sopan
- Dilarang SPAM !!
- Dilarang mencantumkan Link aktif !!
- Berkomentarlah sesuai pada topik artikel ini

Jangan hanya menjadi silent reader hargailah penulis dengan mengomentari artikelnya :D