Profile Lengkap Kotaku Kabupaten Purworejo

Tema artikel kali ini adalah tentang informasi pengetahuan, saya akan mengulas sedikit tapi lengkap tentang kabupaten purworejo dimana di kabupaten tersebut saya admin blog ini, Jendral A.Yani, dan W.R Soepratman dilahirkan. Dalam artikel saya akan berbagi informasi kepada anda semua yang belum tahu atau yang ingin tahu banyak tentang purworejo, di artikel ini saya menjelaskan singkat profil kabupaten purworejo dari letak geografi demografi, sejarah, perekonomian, pendidikan, komoditi unggulan, objek wisata dll.
logo kabupaten purworejo profile lengkap
Kabupaten Purworejo (Jawa: purwareja), adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang terletak di pesisir selatan Provinsi Jawa Tengah. Ibukota Kabupaten Purworejo berada di kota Purworejo (kecamatan purworejo itu sendiri). Kabupaten Purworejo berada di jalur utama lintas selatan Pulau Jawa. Kabupaten ini juga dilintasi jalur kereta api, dengan stasiun terbesarnya di Kutoarjo.

Geografis, Topologis dan Demografi

Profile Lengkap Kotaku Kabupaten Purworejo
Gambar Peta Kabupaten Purworejo
Letak Geografis
Kabupaten Purworejo terletak pada posisi 109o 47’28” – 110o 8’20” Bujur Timur dan  7o 32’ – 7o 54 Lintang Selatan. Bagian selatan wilayah Kabupaten Purworejo merupakan dataran rendah. Bagian utara berupa pegunungan, bagian dari Pegunungan Serayu. Di perbatasan dengan DIY, membujur Pegunungan Menoreh.

Luas Wilayah
Kabupaten Purworejo memiliki luas 1.034,81752 km2 dengan batas wilayah
  • Sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Kebumen
  • Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Magelang dan Wonosobo
    Sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Kulonprogo (DIY)
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Indonesia

Iklim 
Secara topografis merupakan wilayah beriklim tropis basah dengan suhu antara 19 C – 28 C, sedangkan kelembaban udara antara 70% - 90% dan curah hujan tertinggi pada bulan Desember 311 mm dan bulan Maret 289 mm

Demografi (Pembagian administratif)
Kabupaten Purworejo terdiri atas 16 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah 469 desa dan 25 kelurahan. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Purworej. Untuk data penduduk agregat kabupaten purworejo di bulan juli 2014 adalah  805.812 penduduk, dimana 406.130 Laki - Laki dan 399.682 Perempuan jumlah tersebut di peroleh dari data penduduk 16 kecamatan.

Perekonomian

Kabupaten Purworejo merupakan daerah agraris, sebagian besar lahan digunakan untuk pertanian, begitu pula mata pencaharian penduduk sebagian besar sebagai petani. Luas lahan pertanian sebagian besar sawah berpengairan nonteknis dan tadah hujan. Selain ditanami padi, sebagian lahan di daerah tersebut ditanami jeruk.

Komoditi unggulan kabupaten purworejo memiliki berbagai macam seperti peternakan, pertanian, perkebunan, perikanan, industri, pariwisata dan yang paling diunggulkan adalah sektor pertanian.
  • Sektor Pertanian komoditi unggulannya adalah Jagung, kedelai, durian, pisang dan Ubi kayu. 
  • Sektor Perkebunan komoditi yang diunggulkan berupa tebu, Kopi, Kelapa, karet, aren, jarak, kapuk, lada, nilam, tembakau, vanili dan cengkeh.
  • Sektor Peternakan komoditi yang diunggulkan berupa sapi, domba, kambing, kerbau.
  • Sektor Perikanan komoditi yang diunggulkan seperti ikan bawal laut, ikan pari, ikan GT, kakap merah, gurami, udang vaname dan udang galah.
  • Sektor Industri di kabupaten purworejo seperti Industri tekstil, pengolahan kayu, pembuatan bola sepak, dan masih banyak lagi, tetapi hanya 4 industri tersebut yang terkenal.
  • Sektor Pariwisata kabupaten purworejo mempunyai banyak sekali objek wisata seperti Wisata alam, religi, budaya, kuliner dan hiburan.
Profile Lengkap Kabupaten Purworejo
Obyek Wisata Kabupaten Purworejo

Pendidikan

Dalam perkembangan sejarah Kabupaten Purworejo dikenal sebagai pelopor di bidang pendidikan dan sebagai wilayah yang menghasilkan tenaga kerja di bidang pendidikan, pertanian, dan militer. Sejumlah tokoh yang muncul dari daerah tersebut, antara lain komponis lagu Kebangsaan "Indonesia Raya" WR Supratman , Jenderal Urip Sumoharjo, Jenderal A. Yani, dan Sarwo Edy Wibowo. Para tokoh maupun tenaga kerja di bidang pertanian, pendidikan, militer, seniman dan pekerja lainnya oleh masyarakat luas di tanah air dikenal sebagai orang-orang Bagelen.

Profile lengkap pahlawan kabupaten purworejo
Pahlawan Dari Kabupaten Purworejo

Kabupaten Purworejo memiliki banyak sekali tempat pendidikan jika didata terdapat -+ 259 Sekolah SD,SMP,SMA/SMK, Pesantren dan Perguruan Tinggi, berikut data detailnya jumlah sekolahan dan perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Purworejo :
  • 26 Pesantren 
  • 100 Sekolah Dasar / Sederajat.
  • 53 Sekolah Menengah Pertama / Sederajat
  • 71 SMA dan SMK / Sederajat
  • 9 Perguruan Tinggi

Sekian artikel perdana Profile Lengkap Kotaku Kabupaten Purworejo  yang panjang ini, semoga dengan adanya ini dapat bermanfaat bagi anda semua yang ingin tahu tentang Kabupaten Purworejo. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

0 Response to "Profile Lengkap Kotaku Kabupaten Purworejo"

Posting Komentar

Sebelum berkomentar alangkah baiknya membaca aturan berkomentar di blog ini, berikut aturannya :
- Berkomentarlah dengan baik dan bijak
- Gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti dengan baik
- Berkomentarlah dengan Sopan
- Dilarang SPAM !!
- Dilarang mencantumkan Link aktif !!
- Berkomentarlah sesuai pada topik artikel ini

Jangan hanya menjadi silent reader hargailah penulis dengan mengomentari artikelnya :D